Selasa, 16 Desember 2008

pengantar pendidikan

PERMASALAHAN PENDIDIKAN

~ Relevansi

Masalah mencakup sejauh mana system pendidikan dapat menghasilkan luaran yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan, yaitu masalah-masalah dalam rumusan tujuan pendidikan nasional.

- Masalah:

1) Hasil pendidikan belum dapat memenuhi kebutuhan pembangunan.

2) Hasil pendidikan tidak dapat memenuhi criteria yang dipersyaratkan oleh lapangan kerja.

3) Status lembaga pendidikan sendiri masih bermacam-macam kualitasnya.

4) Sistem pendidikan tidak pernah menghasilkan luaran siap pakai. Yang ada ialah siap kembang.

5) Peta kebutuhan tenaga kerja dengan persyaratan yang dapat digunakan sebagai pedoman oleh lembaga-lembaga pendidikan untuk menyusun programnya tidak tersedia.

- Solusi:

1) Meningkatkan kualitas pendidikan.

2) Memberikan berbagai keterampilan kepada peserta didik.

3) Produknya yang bermutu tersebut relevan, artinya hasil pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

~ Efektivitas

Penyebab rendahnya efektivitas adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas. Pendidikan dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna sehingga dapat tercapainya tujuan yang mengharapkan peserta didik dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan.

- Masalah:

1) Presentasi tingkat ketidaklulusan pada UNAS tinggi.

2) Tidak meratanya mutu pendidikan.

3) Pemprosesan pembelajarannya belum optimal.

- Solusi:

1) Meningkatkan mutu peserta didik,pengajar, serta sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.

~ Efesiensi

Masalah efesiensi pendidikan mempersoalkan bagaimana suatu system pendidikan mendayagunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan.

Masalah efisiensi pendidikan yang penting:

1) Bagaimana tenaga kependidikan difungsikan.

2) Bagaimana prasarana dan sarana pendidikan digunakan.

3) Bagaimana pendidikan diselenggarakan.

4) Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga.

Masalah ini meliputi pengangkatan, penempatan, dan pengembangan tenaga.

Masalah pengangkatan terletak pada kesenjangan antara stok tenaga yang tersedia dengan jatah pengangkatan yang sangat terbatas.

Masalah penempatan guru, khususnya guru bidang penempatan studi sering mengalami kepincangan, tidak disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Masalah pengembangan tenaga kependidikan di lapangan biasanya terlambat, khususnya pada saat menyongsong hadirnya kurikulum baru.

Penggunaan prasarana dan sarana pendidikan yang tidak efisien bisa terjadi antara lain sebagai akibat kurang matangnya perencanaan dan sering juga karena perubahan kurikulum.

- Masalah:

1) Penempatan guru bidang sering mengalami kepincangan.

2) Pembangunan SD yang tidak tepat.

3) Pendistribusian sarana pembelajaran tanpa dibarengi pembekalan kemampuan pendidik.

4) Mahalnya biaya pendidikan.

5) Waktu yang digunakan dalam proses pendidikan.

6) Mutu pengajaran.

- Solusi:

1) Menempatkan guru bidang sesuai dengan bidangnya.

2) Mengadakan pelatihan dan penataran pada pendidik.

~ Partisipasi

- Masalah:

1) Minimnya fasilitas sekolah terutama di desa.

2) Banyak gedung sekolah yang sudah rusak.

3) Minimnya tenaga pengajar di pedesaan.

- Solusi:

1) Membangun gedung sekolah khususnya di pedesaan.

2) Memperbaiki gedung sekolah yang sudah rusak.

3) Mengangkat tenaga pengajar yang baru.

Tidak ada komentar: